Kamis, 23 April 2015

Hersey Sweet Bread

Saya suka bikin roti..makanya ngumpulin resep roti yang mudah juga enak.
Beberapa resep sudah dicoba..kebanyakan memang bertekstur lembut dan empuk.itu karena penambahan susu dan kuning telur yang banyak, belum lagi ditambah bread improver. Karena bahan yang terakhir ini sangat jarang saya peroleh makanya saya ga pernah pakai. Mungkin ini juga yang bikin roti bikinan saya ga selembut punya bakery tetangga saya :).
Belakangan ini saya malah tertarik sama resep resep praktis dari luar. Selain karena pengukuran resep yang menggunakan measuring cup (timbangan digital saya lagi rusak nih), juga karena bahan bahannya yang minimalis. Cuma tepung ragi mentega dan atau air. Untuk menambah tekstur roti, bisa menggunakan susu. Proseanya pun  mudah dan ngga harus bekerja keras ngulenin adonan (saya masih pake lengan guede :) ).
Hasilnya, dengan berbagai metode didapat tekstur yang berbeda2, meski seratnya belum selembut kapas, saya puas dengan roti bikinan sendiri
Berikut adalah resep praktis yang saya gunakan untuk beberapa kali. Diaduk hanya menggunakan spatula kayu lanjut menguleni dengan tangan.

Hersey  sweet bread recipe

- 2 1/2 -2 3/4 cup  all purpose flour (tepung terigu protein tinggi)
- 1 package dried yeast ( 2sdt ragi instan)
- 2 table spoon sugar
- 1/2 teaspoon salt
- 1/2 cup milk
- 1/4 cup water
- 1/2 cup butter (115gr )
- 1 egg

Cara membuat :
- campur 1/2 cup tepung dengan ragi gula dan garam di wadah besar
- hangatkan air dan susu hingga bergelembung (shimmering) masukkan butter.
- campurkan ke dalam campuran tepung dan gula..aduk dengan spatula atau mixer..tambahkan telur dan sisa tepung.uleni
Istirahatkan selama 20 menit
Bentuk dan diamkan selama 2 jam di chiller

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com