Rabu, 30 Januari 2013

Cream puff a la Beard Papa



Penasaran banget sama kulit soes jepang model Papa Beard ituh..googling, nemu resep Soes Jepang-nya Pak Sahak..tapi belum sempat eksekusi, keburu ngiler sama resep di buku Harseys..ada kue soes juga, Ah Akhirnya mengarang.com, berhubung usut punya usut ternyata adonan soes bisa menggunakan resep mana saja, asal dikasih toping yg crunchy..pasti namanya soes jepang hehe..resep ini gampang diingat, jadi suka..suka..suka (gaya memey)
berikut Soes Jepang (Cream puff) a la Papa beard modified by me

Kulit Soes (resep harseys)
 - 1 cup terigu (saya ; terigu cakra 1/2 cup + segitiga biru 1/2 cup)
- 1 cup air
-1/2 cup (115 gr) margarin atau mentega
-  4 teluur
- 1/4 sdt garam

Topping  a la saya:
-50 gr margarin
-60 gr gula halus
-60 gr terigu
-1/2 butir telur
-1 sdm susu bubuk

How to :
Kulit : seperti membuat kulit soes pada umumnya, mentega dan air serta garam didihkan tuang terigu, matikan api, aduk rata sampai kalis, sisihkan sampai uap panas hilang, masukan telur satu demi satu kocok dengan mixer kecepatan rendah, siap di spuit..
kemarin karena pengen cepat saya scoop pakai es krim scoop di taro di cetakan loyang mini pie biar seragam, 1 resep dapat 20pcs cream puff yang kokoh, dijamin kopong dalemnya, asal ngovennya panas rata, saya 200 dercel 10mnit, turunkan 180 dercel 20 menit.

Topping ; kocok dengan mixer gula dan mentega, tambahkan telur dan terakhir tepung plus susu, taro di plastik segitiga, spuitkan bentuk melingkar obat nyamuk diatas adonan puff,
pengamatan saya : topping nya cruncy manis gurih, tahan hingga 4 jam an tetep kres, sayang bentuk puffnya bunder gitu, kalo diswirl mungkin jadinya cntik ya..saya juga pakai resep topping ini untuk roti boy.
untuk Vla isian, karena edisi cepat hehe..saya cuma bikin vla vanilla yang sebagian saya kasih green tea, lalu punya vla instan coklat keluaran nutri jel, jadi 20 pcs puff saya isi vla vanilla, green tea sama vla coklat..
 selamat mencoba..

0 komentar:

 
template by suckmylolly.com